BERITA UMUM

Selasa, 03 Mei 2016

SAP BIO X RUANG LINGKUP BIOOLOGI



SATUAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN (SAP)
RUANG LINGKUP BIOLOGI

Satuan Pendidikan   : SMAS St. Thomas Aquinas 
Mata Pelajaran       :  Biologi
Kelas/Semester        : X/1
Alokasi Waktu         :  15 x 45 menit (7,5 SKS/5 x pertemuan)

KOMPETENSI INTI:
KI -1      : Menghargai dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2       : Mengembangkan perilaku ( jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif, dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3       : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4       : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode, sesuai kaidah keilmuan.

KOMPETENSI INTI:
Materi Pokok
Kompetensi Dasar
Indikator
Ruang Lingkup Biologi
1.1.  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem, dan lingkungan hidup.
1.    Memahami permasalahan biologi dan memahami kompleksitas ciptaan Tuhan.
2.    Meyakini adanya keteraturan dalam bioproses.
2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
1. berperilaku ilmiah setiap melakukan diskusi dan percobaan.
2. menjelaskan cara bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan seorang ahli biologi.















3.1 Memahami tentang ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
1.    Mengurai resiko kecelakaan di laboratorium.
2.    Merinci prosedur keselamatan kerja di laboratorium.
3.    Mengidentifikasikan objek yang dipelajari dalam Biologi.
4.    Mengidentifikasikan cabang-cabang Biologi.
5.    Mengidentifikasi tingkat organisasi kehidupan.
6.    Menjelaskan peranan Biologi dalam kehidupan.
4.1 Menyajikan data tentang objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkatan organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan memperhatikan aspek keselamatan kerja serta menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.
1.    Menerapkan prosedur keselamatan kerja di laboratorium setiap melakukan percobaan biologi.
2.    membuat laporan hasil observasi dan hasil diskusi tentang prosedur keamanan dan keselamatan kerja di laboratorium biologi.
3.    mejelaskan cara pertolongan pertama di laboratorium apabila terjadi kecelakaan.
4.    Menyebutkan langkah-langkah dari metode ilmiah.
5.     Memberikan contoh objek masalah Biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.
6.    Menemukan permasalahan biologi dan merancang penelitian untuk menemukan jawaban permasalahan tersebut.
7.    Melakukan penelitian sederhana untuk memecahkan masalah-masalah dalam Biologi.
8.    Membuat laporan hasil penelitian sederhana dalam pemecahan masalah biologi dengan metode ilmiah.
9.    Menjelaskan manfaat hasil pemecahan masalah dengan metoda ilmiah.




PERTEMUAN I
A.     Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, observasi literatur, tanya jawab dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      Menjelaskan karakteristik ilmu biologi sebagai bagian dari sains.
2.      Menjelaskan kegiatan yang berkaitan dengan ilmu biologi.
3.      Menjelaskan kerja dan sikap ilmiah yang ditunjukkan seorang ilmuwan biologi.
B.     Materi Pembelajaran
Belajar Biologi dengan Metode Ilmiah

C.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       : scientific
Strategi pembelajaran   : keterampilan proses
Metode                        : observasi literatur dan diskusi
D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.   Media        : Powerpoint Unit 1 Ruang Lingkup Biologi
2.   Sumber      : Buku Advanced Learning Biology XA  dan 6 jurnal ilmiah.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.   Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk mulai belajar.
b.      Apersepsi: bertanya jawab tentang topik belajar biologi dengan metode ilmiah. Siswa diminta menjawab Preview Test.
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran tentang belajar biologi dengan metode ilmiah.
d.      Guru dapat menumbuhkan persepsi positif bahwa biologi bukan pelajaran hapalan, tapi diperoleh melalui suatu proses. Oleh karena itu, siswa dapat diberi motivasi dalam kegiatan mencari pengetahuan siswa perlu mengembangkan sikap obyektif, disiplin, tekun, tanggung jawab dan meyakini kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.

2.   Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
Siswa memilih dan membaca 6 jurnal ilmiah. Masing-masing artikel yang berkaitan dengan obyek permasalahan biologi, seperti kesehatan, lingkungan, makanan, penyakit, dan sebagainya.
                       Menanya
Setelah membaca jurnal ilmiah, tentu akan timbul pertanyaan dari siswa untuk didiskusikan bersama dalam kelompok, misalnya:
1)      Apa isi jurnal tersebut?
2)      Apakah ada kaitan isi atau kegiatan dalam jurnal tersebut dengan biologi?
3)      Termasuk ke dalam cabang biologi apa, hal yang dibahas dalam jurnal tersebut?
4)      Bagaimanakah cara kerja para peneliti biologi bekerja dan menganalisis permasalahan seperti yang dituangkan dalam jurnal?
Mengumpulkan data
Siswa mengumpulkan berbagai informasi penting dari jurnal mengenai sistematik penelitian dan tata cara penyajian hasil penelitian biologi. Siswa mengkaji buku teks untuk menemukan tahapan metode ilmiah yang digunakan dalam penelitian biologi.
 Mengasosiasi
Siswa dibimbing oleh guru mengolah dan menganalisis data hasil membaca jurnal dan cara kerja para peneliti biologi bekerja dalam menganalisis permasalahan seperti yang dituangkan dalam jurnal.
Mengkomunikasi
Setelah kesimpulan diskusi diperoleh, guru mempersilahkan siswa untuk melaporkan hasil diskusi kelompok. Siswa menguraikan dan mempresentasikan langkah-langkah ilmiah yang terdapat pada jurnal penelitian yang diteliti, menanggapi dan berdiskusi mengenai metode yang digunakan dalam penelitian ilmiah tersebut serta mengutarakan karakter ilmiah yang akan berkembang dalam diri seorang peneliti.
b.      Mendiskusikan hasil laporan dan memberi kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang bersangkutan.
3.  Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Mendorong siswa untuk selalu disiplin dan peduli lingkungan ketika bekerja untuk ilmu pengetahuan.
c.       Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
d.      Siswa ditugaskan untuk mengerjakan Tugas 1.1 untuk pekerjaan rumah.



PERTEMUAN II
A.     Tujuan
Melalui kegiatan tanya jawab dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      Mengidentifikasikan cabang-cabang Biologi.
2.      Memberikan contoh manfaat mempelajari biologi.
3.      Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan teknologi.

B.     Materi Pembelajaran
1.      Cabang-cabang biologi
2.      Manfaat dari mempelajari biologi

C.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       : scientific
Strategi pembelajaran   : keterampilan proses
Metode                        : diskusi
 
D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.   Media        : Powerpoint Unit 1 Ruang Lingkup Biologi
2.   Sumber      : Buku Advanced Learning Biology XA, literatur ilmiah, dan internet.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Pemusatan perhatian dan pemotivasi. Mengilustrasikan manfaat biologi dalam kehidupan seperti menggunakan biopredator untuk memangsa hama pada lahan pertanian.
b.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini mengenai manfaat mempelajari biologi dan kaitan ilmu biologi dengan IPTEK.
2.      Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
Siswa melakukan kajian pustaka untuk mengidentifikasi cabangcabang
biologi.
Menanya
Setelah menyimak penjelasan dari guru, tentu akan timbul pertanyaan untuk didiskusikan bersama dalam kelompok, misalnya:
a)      Apa saja cabang-cabang Biologi yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari?
b)      Pada bidang apa saja. Biologi bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari?
c)      Apa contoh manfaat Biologi dalam kehidupan sehari-hari?
Mengumpulkan Data
Untuk menjawab rumusan masalah yang telah diidentifikasi bersama, siswa dibimbing untuk diskusi. Kajian pustaka dapat berasal dari buku, jurnal ilmiah, atau internet.
Mengasosiasi
Setelah data diperoleh, siswa dibimbing oleh guru mengolah dan menganalisis data hasil diskusi secara berkelompok. Guru meminta siswa untuk menyebutkan berbagai manfaat biologi dalam kehidupan.
Mengkomunikasi
Setelah kesimpulan diperoleh, maka setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi. Kelompok lain diperkenankan untuk menyanggah, bertanya, atau memberi penguatan laporan kelompok lain.
b.      Mendiskusikan hasil laporan dan memberi kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang bersangkutan.
3.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Mendorong siswa untuk selalu jujur dan bertanggung jawab ketika bekerja untuk ilmu pengetahuan. Mengingatkan siswa untuk bersyukur akan tubuh yang sehat sebagai karunia dari Tuhan.
c.       Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan, tulisan, atau bahasa tubuh seperti mengacungkan jempol) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.



PERTEMUAN III
A.     Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      Mengidentifikasi tingkat organisasi kehidupan.
2.      Mengkategorikan urutan tingkat organisasi makhluk hidup dari yang paling kecil hingga paling besar.

B.     Materi Pembelajaran
Tingkatan organisasi kehidupan

C.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       : scientific
Strategi pembelajaran   : keterampilan proses
Metode                        : diskusi, dan eksperimen.

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media        : Powerpoint unit 1 Ruang Lingkup Biologi
2.      Alat            : Alat dan Bahan untuk kegiatan Activity 1.1 di halaman 12 seperti mikroskop, kaca objek, kaca penutup, pisau pemotong, pinset, air akuades, berbagai jenis batang pohon kecil (lunak dan tidak berkayu) dari lingkungan sekitar.
3.      Sumber      : Buku Advanced Learning Biology XA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan sekitar.
1.      .
E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Pemusatan perhatian dan pemotivasi belajar siswa mengenai kehidupan di Bumi yang tersusun atas sistem organisasi kecil seperti molekul sampai sistem organisasi kehidupan terbesar yaitu biosfer.
b.      Apersepsi:
·         Adakah siswa yang dapat menerangkan organisasi bentuk sel?
·         Contoh objek permasalahan Biologi apa yang dapat ditemukan di lingkungan sekitar kita?
c.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini mengenai tingkatan organisasi kehidupan.
2.      Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
Mengamati Gambar 1.3. mengenai ruang lingkup biologi. Guru menjelaskan mengenai berbagai tingkat organisasi kehidupan, sel, jaringan, organ, individu, dan komunitas.
Menanya
Setelah menyimak penjelasan guru, tentu akan timbul pertanyaan pada siswa. Guru dapat memotivasi siswa dengan memberi penghargaan pada siswa yang dapat mengajukan pertanyaan dengan baik. Contohnya seperti tambahan nilai pada evaluasi.
Mengumpulkan Data
Siswa mengerjakan Activity 1.1 pada halaman 12.
Mengasosiasi
Setelah data diperoleh, siswa mengolah dan menganalisis mengenai perbedaan pada setiap tingkat organisasi kehidupan. Kemudian menyimpulkan hasil analisis dan pengolahan datanya.
Mengkomunikasi
Setelah kesimpulan diperoleh, guru memberi arahan pada setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil kegiatan dan diskusi kepada kelompok lain dan salah satu kelompok ditugaskan untuk menyimpulkan hasil presentasi dari berbagai kelompok.
b.      Mendiskusikan hasil laporan dan memberi kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang bersangkutan.
4.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Mendorong siswa untuk selalu proaktif ketika bekerja untuk ilmu pengetahuan.
c.       Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.


PERTEMUAN IV
A.     Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      Menjelaskan peranan biologi dalam kehidupan.
2.      Memberikan contoh masalah biologi pada tingkat organisasi kehidupan.
3.      Melakukan penelitian sederhana untuk memecahkan masalah-masalah dalam biologi.

B.     Materi Pembelajaran
Contoh objek permasalahan biologi pada tingkatan organisasi kehidupan.

C.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       : scientific
Strategi pembelajaran   : keterampilan proses
Metode                        : diskusi, dan eksperimen.

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media     : Powerpoint unit 1 Ruang Lingkup Biologi
2.      Alat         :. Alat dan Bahan untuk kegiatan Activity 1.2 di halaman 22 seperti air sungai atau air saluran limbah, mikroskop, kertas lakmus, dan jala plankton.
3.      Sumber   : Buku Advanced Learning Biology XA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan sekitar.
 
E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Pemusatan perhatian dan pemotivasi belajar siswa mengenai banyak contoh masalah biologi dari beberapa tingkat organisasi kehidupan. Seperti penyakit karena Trypanosoma pada sel darah merah.
b.      Apersepsi:
·      Apa contoh permasalahan Biologi pada tingkat organisasi kehidupan paling kecil?
·      Apa contoh permasalahan Biologi Tingkat organisasi kehidupan paling besar?
c.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini mengenai contoh permasalahan pada beberapa tingkatan organisasi kehidupan.
2.      Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
Siswa mengobservasi keadaan atau fenomena biologi di lingkungan sekitar (keadaan air di lingkungan rumah dan sekolah).
Menanya
Setelah menyimak dan mengamati contoh objek permasalahan Biologi di lingkungan sekitar, tentu akan timbul pertanyaan seperti bagaimana tahapan metode untuk penelitian tentang permasalahan biologi keadaan air di lingkungan sekitar?, Berbagai peranan Biologi di bidang kesehatan, industri, dan lingkungan?
Mengumpulkan Data
Siswa mengerjakan Activity 1.2 pada halaman 22.
Mengasosiasi
Menyimpulkan hubungan teknologi yang bermanfaat bagi Biologi dan merumuskan penelitian sederhana berdasarkan permasalahan yang ada dalam Activity 1.2.
Mengkomunikasi
Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil penelitian sederhana yang dilakukan. Apa jawaban dari permasalahan biologi yang ditemukan, kemudian menjelaskan peranan biologi di berbagai aspek kehidupan.
b.      Mendiskusikan hasil laporan dan memberi kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang bersangkutan.
3.      Penutup
d.      Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
e.       Mendorong siswa untuk selalu proaktif ketika bekerja untuk ilmu pengetahuan.
f.       Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.



 PERTEMUAN V
A.     Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      Memahami risiko bekerja di laboratorium.
2.      Mengurai prosedur keselamatan kerja.
3.      Menyebutkan usaha pertolongan pertama pada kecelakaan.

B.     Materi Pembelajaran
Keamanan dan Keselamatan Kerja di Laboratorium


C.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       : scientific
Strategi pembelajaran   : keterampilan proses
Metode                        : diskusi, dan eksperimen.

D.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media     : Powerpoint unit 1 Ruang Lingkup Biologi
2.      Alat         : gambar dan charta peraturan di laboratorium dan alat - bahan untuk kegiatan Activity 1.3 di halaman 32 alat tulis, lembar observasi, dan laboratorium biologi.
3.      Sumber   : Buku Advanced Learning Biology XA, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan sekitar.
E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Pemusatan perhatian dan pemotivasi belajar siswa mengenai usaha keselamatan kerja di laboratorium serta membangun peran aktif siswa dalam menjaga peraturan laboratorium sebagai usaha menjaga keamanan dan keselamatan kerja di laboratorium.
b.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini mengenai usaha keamanan dan keselamatan kerja di laboratorium.
2.      Inti
a.       Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
Siswa memperhatikan Gambar 1.32 mengenai simbol-simbol pada label bahan kimia atau peraturan umum di laboratorium. Siswa mengamati keadaan laboratorium di sekolah dan melakukan observasi mengenai perlengkapan keselamatan dan pertolongan pertama di sana.
Menanya
Setelah mengamati gambar dan membaca peraturan di laboratorium, tentu akan timbul pertanyaan untuk didiskusikan bersama dalam kelompok, misalnya:
1)      Mengapa perlu ada upaya menjaga keselamatan kerja dalam bidang Biologi?
2)      Apa yang harus diperhatikan dalam melakukan kegiatan di laboratorium?
3)      Peralatan apa saja yang harus dipersiapkan dalam rangka penerapan keselamatan dan kemanan kerja di laboratorium?

Mengumpulkan Data
Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara kerjasama secara berkelompok melalui Activity 1.3 di halaman 32 dan menuliskan data-data yang dibutuhkan di dalam lembar yang disediakan. Siswa mengecek keberadaan peraturan di laboratorium dan pelaksanaan peraturan tersebut.
Mengasosiasi
Setelah data diperoleh, siswa dibimbing oleh guru mengolah dan menganalisis data pada Activity 1.3 melalui diskusi. Bersama-sama siswa merundingkan macam risiko kecelakaan ketika bekerja di laboratorium, hal yang harus dipahami dan dilaksanakan ketika sedang bekerja di laboratorium dan menyebutkan usaha pertolongan pertama pada kecelakaan kerja di laboratorium.


Mengkomunikasi
Setelah kesimpulan diperoleh, maka setiap kelompok mempresentasikan hasil Activity 1.3. Siswa menguraikan usaha-usaha pertolongan pertama pada kecelakaan di laboratorium, mempresentasikan langkah-langkah ilmiah yang terdapat pada jurnal penelitian.
b.      Mendiskusikan hasil laporan dan memberi kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang bersangkutan.
3.      Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Mendorong siswa untuk selalu proaktif ketika bekerja untuk ilmu pengetahuan.
c.       Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.

PENILAIAN
1.      Teknik dan bentuk instrumen
Kompetensi Inti
Teknik
Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti I dan II
·   Pengamatan Sikap
·   Lembar Pengamatan Sikap Rubrik
Kompetensi III dan IV
·   Tes Unjuk Kerja
·   Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
·   Tes Tertulis
·   Tes Uraian
·   Portofolio
·   Panduan Penyusunan Portofolio
2.      Contoh instrumen
a.       Lembar pengamatan sikap
1)      Kompetensi Inti I
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual siswa. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Siswa                          : ………………….
Kelas                                    : ………………….
Tanggal Pengamatan             : …………………..
Materi Pokok                                    : …………………..

No.
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1
Menambah rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari tingkatan organisme kehidupan





2
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu





3
Mengucapkan rasa syukur atas nikmat kesehatan dan pengetahuan yang didapat dari pelajaran hari ini





4
Mengamalkan sika ptoleransi antar umat beragama





Jumlah skor






Petunjuk Penyekoran :
Siswa memperoleh nilai :
Baik Sekali : apabila memperoleh skor  13 - 16
Baik             : apabila memperoleh skor 9 - 12
Cukup         : apabila memperoleh skor  5 - 8
Kurang        : apabila memperoleh skor  1 – 4



2)      Kompetensi Inti II
a)      Peduli
Pedoman Observasi Sikap Peduli
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru/teman untuk menilai sikap sosial siswa dalam kepedulian. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap kepedulian  yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan  kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan




Nama Siswa                 : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan    : …………………..
Materi Pokok               : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1
Menjaga kerapihan dan kebersihan kelas





2
Suka menolong teman/orang lain





3
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan





4
Menghargai pendapat orang  lain





Jumlah Skor






Petunjuk Penyekoran :
Siswa memperoleh nilai :
Baik Sekali         : apabila memperoleh skor  13 - 16
Baik                    : apabila memperoleh skor  9 - 12
Cukup                : apabila memperoleh skor  5 - 8
Kurang               : apabila memperoleh skor  1 - 4
b)      Tanggung Jawab
Pedoman Observasi Sikap Tanggung Jawab
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dankadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Siswa                    : ………………….
Kelas                              : ………………….
Tanggal Pengamatan       : …………………..
Materi Pokok                  : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1
Melaksanakan tugas individu atau kelompok dengan baik





2
Menerima resikodari tindakan yang dilakukan





3
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat





4
Mengembalikan barang yang dipinjam





5
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan





Jumlah Skor






Petunjuk Penyekoran :
Siswa memperoleh nilai :
Baik Sekali         : apabila memperoleh skor  16 - 20
Baik                    : apabila memperoleh skor  11 - 15
Cukup                : apabila memperoleh skor  6 - 10
Kurang               : apabila memperoleh skor  1 - 5
c)       Disiplin
Pedoman Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut :
Ya        = apabila siswa menunjukkan perbuatan sesuaiaspek pengamatan
Tidak   = apabila siswa tidak menunjukkan perbuatansesuai aspek pengamatan.



Nama Siswa                    : ………………….
Kelas                              : ………………….
Tanggal Pengamatan       : …………………..
Materi Pokok                  : …………………..
No
Sikap yang diamati
Melakukan
Ket.
Ya
Tidak
1
Masuk kelas tepat waktu



2
Mengumpulkan tugas tepat waktu



3
Memakai seragam sesuai tata tertib



4
Mengerjakan tugas yang diberikan



5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran



6
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan



7
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran



8
Membawa buku teks mata pelajaran



Jumlah



Petunjuk Penyekoran :
Siswa memperoleh nilai :
Baik Sekali         : apabila terdapat  7 – 8 jawaban YA
Baik                    : apabila terdapat  5 – 6 jawaban YA
Cukup                : apabila terdapat  3 – 4 jawaban YA
Kurang               : apabila terdapat  1 – 2 jawaban YA



b.      Lembar tes unjuk kerja
1)   Pertemuan I
No
Aspek yang dinilai
Ya
Tidak
Ket.
1
Keterampilan membuat preparat



2
Keterampilan menggunakan mikroskop



3
Pemahaman prosedur kegiatan



4
Keterampilan mempresentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian dengan cara yang menarik



5
Mampu mengajukan permasalahan (Pertanyaan, ide, gagasan, dan argumentasi)



6
Mampu menyajikan penyelesaian dari Suatu permasalahan



Petunjuk Penyekoran :
Siswa memperoleh nilai :
Baik                    : apabila terdapat  5 – 6 jawaban YA
Cukup                : apabila terdapat  3 – 4 jawaban YA
Kurang               : apabila terdapat  1 – 2 jawaban YA
2)   Pertemuan IV
No
Aspek yang dinilai
Ya
Tidak
Ket.
1
Keterampilan  menggunakan mikroskop



2
Ketelitian menggunakan alat ukur pH, warna, kekeruhan, detergen, dan organisme



3
Pemahaman prosedur kegiatan



4
Keterampilan mempresentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian dengan cara yang menarik



5
Mampu mengajukan permasalahan (Pertanyaan, ide, gagasan, dan argumentasi)



6
Mampu menyajikan penyelesaian dari Suatu permasalahan



Petunjuk Penyekoran :
Siswa memperoleh nilai :
Baik                    : apabila terdapat  5 – 6 jawaban YA
Cukup                : apabila terdapat  3 – 4 jawaban YA
Kurang               : apabila terdapat  1 – 2 jawaban YA
3)   Pertemuan V
No
Aspek yang dinilai
Ya
Tidak
Ket.
1
Pemahaman tata tertib di laboratorium



2
Teliti dalam mengamati keadaan laboratorium



3
Mamahami peraturan kerja di laboratorium



4
Keterampilan mempresentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian dengan cara yang menarik



5
Mampu mengajukan permasalahan (Pertanyaan, ide, gagasan, dan argumentasi)



6
Mampu menyajikan penyelesaian dari Suatu permasalahan



Petunjuk Penyekoran :
Siswa memperoleh nilai :
Baik                    : apabila terdapat  5 – 6 jawaban YA
Cukup                : apabila terdapat  3 – 4 jawaban YA
Kurang               : apabila terdapat  1 – 2 jawaban YA

c.       Lembar tes tertulis
1)         Jelaskan apa yang dimaksud dengan Biologi.
2)         Sebutkan 3 contoh cabang ilmu biologi beserta objek kajiannya.
3)         Jelaskan apa yang dimaksud dengan individu, populasi, dan komunitas. Berikan masing-masing satu contohnya.
4)         Sebutkan dua peranan Biologi dalam bidang kesehatan.
5)         Sebutkan dua contoh penyalahgunaan ilmu Biologi dalam kehidupan.

d.      Lembar penilaian laporan hasil penelitian
No.
Perencanaan Penelitian
Hasil Penelitian
Skor
1
Perumusan  masalah  penelitian

5
2
Perumusan  hipotesis

5
3
Perumusan  tujuan penelitian

5
4
Perumusan  judul penelitian

5
5
Perumusan  prosedur penelitian / langkah  penelitian

20
6

Tinjauan  pustaka
20
7

Hasil penelitian dan pengolahan
30
8

Kesimpulan
10
TOTAL


Mengetahui
Kepala Sekolah


Kanisius Sara, S.Ag.
NIP
….….. , Juli,  2015
Guru Mata Pelajaran


Martinus Gawi, S.Pd
NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar